April 17, 2009

Percetakan Pertama di Holandia (Jayapura)

Holandia atau saat ini kita kenal dengan nama Kota Jayapura. Tabea, sejak tahun 1968 telah berdiri YAYASAN PERCETAKAN GKI DI TANAH PAPUA, yang merupakan Percetakan pertama yang berdiri di Papua dan hingga kini masih tetap eksis.

Tujuan awal didirikan Percetakan ini adalah untuk mencetak surat-surat Gerejawi milik GKI di Tanah Papua seperti: Surat Sidi, Surat Baptis dan Surat Nikah. Hingga kini Percetakan tersebut di kelola oleh CV. ANA GRAFIKA.

Sejak berdiri tahun 1968 di Holandia, pengerjaan percetakan di kerjakan oleh empat orang karyawan pada saat itu. Penggunaan mesin cetak yang dikirim dari Negara Jerman. Salah satu mesin cetak yang di datangkan pada tahun 1968 yaitu mesin cetak tinggi atau HEIDELBERG.

Menurut Alex Deda yang menjabat sebagi Kepala Bagian Produksi Percetakan GKI, khusus untuk surat-surat Gereja (Surat Sidi, Surat Baptis dan Surat Nikah) perharinya dicetak sebanyak dua ribu hingga tiga ribu lembar surat. Saat ini percetakan sedang mencetak surat-surat gereja untuk Provinsi Papua dan Papua Barat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Trimaksih atas komentarnya

Recommended