Agustus 20, 2009

PIKON, Alat Musik Tradisional dari Wamena

Pace, Mace..... Alat musik macam gitar, ukulele, tifa, stem bas pasti dorang su tau tooo.... Alat musik ini kalo di mainkan, mmmm trada yang blok... dorang biasa bilang tu musik akustik Papua.

Tong di Papua ni kaya akan berbagai alat musik dari alam, ada yang dorang bikin dari kulit bia (yang biasa di pasang di kaki) ada juga dari kulit bia besar, yang depu nama triton.


Tapi Pace, Maca.... Ada satu alat musik dari Wamena yang dorang bikin dari perdu, namanya pikon. Perdu ini dalam bahasa Wamena dong bilang hite. Hite yang dong pilih untuk buat pikon juga hite yang khusus, karena ada hite yang dong pake untuk buat anak panah.

Pace, Mace.... Pikon ini biasa laki-laki yang main saat dorang istiraha setelah waktu bikin kebun ato saat dorang lagi santai di honai.

Peniup pikon biasanya menirukan suara mama bujuk bayi, suara orang menyanyi atau bahkan suara burung.

Pace, Mace ....alat musik pikon ini menurut Dr Kuntz yang meneliti musik di Papua tahun 1920-an, adalah musik harpa Yahudi kuno.

Jadi... itu suda, tong alat musik pikon dari Wamena.(AnTaH)

4 komentar:

  1. aduh nggak ngerti..
    bisa diterjemahkan ke bahasa indonesia nggak?
    maaf.

    BalasHapus
  2. salam knal...(pace ka mace??). Smoga blognya bs trus eksis. Cuma kalau bs tambah menu lagu2 tradisional papua kah... byar tong bisa download. Oo iya (lupa) knalin ya, gw Adit, pernah tinggal 1 th di jypr, (hmmmm...) de pu kota & masyarakat tra bs t'lupakan.

    BalasHapus
  3. eeh pace/mace ko terjemahkan ini ke bhs indonesia blh,,
    banyak yang traa mengertii

    BalasHapus

Trimaksih atas komentarnya

Recommended