Mei 27, 2010

Festival Seni Asmat: Selamatkan Budaya Papua

 JUBI --- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Asmat akan menyelenggarakan festival seni dalam rangka pelestarian budaya Kabupaten Asmat.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut berasal dari anak sekolah tingkat SMP, SMU hingga sanggar seni di wilayah Asmat.

Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Asmat, Donatus Tamot menuturkan, festival seni itu akan diselenggarakan tanggal 27-29 Mei mendatang. “Kami harap Gubernur Papua turun ke daerah dalam pembukaan acara festival ini,” ungkapnya, Selasa (18/5) di ruang kerjanya, Agats.

Sementara itu pendaftaran para peserta festival seni sedang berjalan hingga 22 Mei mendatang bertempat di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Asmat pada setiap hari jam kerja.

Berbagai perlombaan akan digelar di sini. Seperti tari kreasi, musik rakyat, tari balada Cendrawasih, drama, lomba ukir tingkat SMP, serta lomba karya ilmiah dengan judul ‘Pentingnya Sagu Bagi Orang Asmat’.

“Festival kali ini adalah yang kedua kali, sebelumnya pada tahun 2009 kemarin,” ujarnya.  Katanya kegiatan festival seni itu difokuskan kepada kelompok anak muda sebagai harapan masa depan Asmat. “Jadi festival seni ini berbeda dengan festival budaya,” tambahnya.

Dikatakan Tamot, festival seni ini dilakukan sebenarnya memperingati moment Ulang Tahun Kabupaten Asmat, yaitu tiap tahun dalam bulan Mei. 

Direncanakan ajang festival bertemakan ‘Selamatkan Lingkungan Hidup Untuk Kebudayaan Papua’ itu dihadiri oleh gubernur Papua, Barnabas Suebu. Melalui kreativitas seni ini diharapkan agar mampu mewujudkan martabat orang Asmat dan Papua umumnya, agar berkontribusi menyelamatkan budaya sebagai sumber hidup orang Papua. (Willem Bobi)


Sumber: http://tabloidjubi.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Trimaksih atas komentarnya

Recommended