Agustus 21, 2009

Mumi Wamena

Pace, Mace dorang, kalo ke Wamena tu dingin terasa menusuk tulang, baru....kabut tebal masih sering menyelimuti hingga jam delapan pagi, begitu suda Wamena.


Kalo bilang mumi, pasti tong pikir tu Mesir, tapi kalo yang su tau, dong langsung ingat mumi di Wamena.

Betul skali, mumi tu ternyata bukan hanya ada di Mesir, tapi di Wamena juga ada eeee.... Di daerah pegunungan tengah khususnya Wamena, Yali, dan Ngalum dorang menyimpan sejumlah mumi yang umurnya sudah ratusan tahun.

Dalam dorang pu adat, orang penting macam kepala suku yang hebat, panglima perang meninggal jazadnya tidak dikuburkan, tetapi dong bikin jadi mumi dengan upacara adat, yang berlangsung selama 40 hari.

Upacara ini dong bikin di dalam halaman sili, dong pu kompleks perumahan dan dong juga harus di depan pilamo atau honai laki-laki.

Selama ini yang dorang biasa kasi lihat ada dua mumi, yaitu mumi Werupak Elosak di Desa Aikima, dan Wimontok Mabel di Desa Yiwika, keduanya berada di Distrik Kurulu.

Di Wamena masih ada beberapa mumi lagi, tapi orang lain tra bole lihat, dong takut dengan adat jadi....

Dorang bilang mumi yang lain itu ada tiga di Kurulu, Assologaima satu dan dua sebelah barat kota Wamena.

Untuk mengunjungi mumi Werupak Elosak yang berada di Kurulu su bisa pake mobil sampe ke mumi pu tempat.

Dorang bilang Werupak Elosak dulu tu panglima perang yang gagah berani, untuk menghormati jasa kepahlawanannya, dorang bikin dia jadi mumi.

Selain itu, dorang juga bilang sebelum meninggal, Werupak dia yang minta supaya mayatnya dong bikin jadi mumi.

Pace, Mace dorang... sampe sekarang ramuan untuk buat mumi tu, dorang di kampung situ saja yang tau, itu jadi dong pu rahasia.

Tapi ada yang bilang, dorang bikin mumi hanya dengan cara pengasapan selama ± 3 bulan terus-menerus, disertai dengan upacara adat yang sakral.

Setelah mumi jadi, perawatan selanjutnya ditangani kaum laki-laki saja, dan di simpan dalam honai laki-laki.

Menurut cerita Werupak Elosak dia suda punya enam garis keturunan, jadi ... Kalo kitorang hitung sampe sekarang, dia pu umur su kira-kira 325 tahun.(AnTaH)

0 komentar:

Poskan Komentar

Trimaksih atas komentarnya

Recommended